biduri

Nama produk
BIDURI (Calotropis gigantea)
Kemasan
Isi
Jumlah
Harga
Keterangan
Plastik
1000gr
1
Rp. 70.000
Kering
Aluminium Foil
1000gr
1
Rp. 90.000
Powder
Botol
200 Kaps
1
Rp. 150.000
Kapsul
Keterangan
Harga belum termaksud biaya kirim
Pemesanan hubungi
Keila
telphone sms
0822 1042 2034
Whatsapp
0852 2800 1922
Black Berry Messenger
D05C5FDB

Biduri atau Widuri (Calotropis gigantea) menjadi salah satu tanaman yang terabaikan. Meskipun biduri cukup eksotis dan indah, namun tumbuhan biduri kerap dibiarkan tumbuh liar dan dianggap gulma. Belum banyak yang meliriknya, sekalipun sebagai tanaman hias. Pun, belum banyak pula yang mengungkap manfaat dan khasiat bunga ini. Padahal bunga widuri merupakan salah satu tumbuhan asli Indonesia.

Nama latin bunga biduri adalah Calotropis gigantea (L.) Dryand. Nama sinonimnnya antara lain Asclepias gigantea L., Calotropis gigantea (L.) R. Br. ex Schult., Madorius giganteus (L.) Kuntze, Periploca cochinchinensis Lour., dan Streptocaulon cochinchinense (Lour.) G. Don.

Di Indonesia biduri mempunyai beberapa penyebutan lokal seperti Rubik (Aceh) Biduri, Rembega, dan Remingu (Melayu) Rumbigo (Minangkabau), Widuri (Sunda), Biduri, Saduri, Sidoguri, dan Widuri (Jawa), dan Bidhuri (Madura). Juga Manori, Maduri (Bali), Muduri, Rembiga, Kore, Krokoh, Kolonsusu, Modo Kapauk, dan Modo Kampauk (Nusa Tenggara), dan Rambega (Sulawesi). Sedangkan dalam bahasa Inggris, tumbuhan berbunga ini dikenal sebagai Giant Milkweed, Indian Bowstring Hemp, dan Crown Flower.

Diskripsi Tumbuhan Biduri

Biduri atau Widuri (Calotropis gigantea) merupakan tanaman perdu menahun (perennial). Tinggi pohon bisa mencapai 4 meter. Batang biduri berbentuk silindris dengan percabangan bertipe simpodial (cabang menyerupai batang). Batangnya berwarna hijau keputihan dan berlapis lilin. Batang mengeluarkan getah yang berwarna putih susu saat dilukai.
Biduri (Calotropis gigantea)

Daun biduri berupa daun tunggal, berhadapan, berbentuk bulat telur dengan ujung tumpul dan pangkal berlekuk, serta tepi daun rata. Daun berwrna hijau keputih-putihan, berukuran panjang 8-30 cm dan lebar 4-15 cm. Daun memiliki tangkai pendek dan pertulangan menyirip. Permukaan atas daun berambut tebal saat muda dan berangsur-angsur hilang ketika tua.

Bunga Biduri majemuk dengan bentuk payung yang tumbuh di ujung ranting (terminal) atau di ketiak daun. Tangkai bunga panjang (3-5 cm) dengan kelopak terbentang dan taju bulat telur, berbulu halus, dan berwarna hijau, serta memiliki daun pelindung sempit. Benang sari membentuk tabung dan kepala putik lebar, bersegi lima. Mahkota bunga berbentuk bulat telur, berwarna putih atau putih keungu-unguan dengan diameter 4-4,5 cm.

Buah Biduri berbentuk bulat telur memanjang menyerupai bumbung dengan ujung yang berbentuk kait dan berwarna hijau. Buah berukuran panjang 9-10 cm. Bijinya kecil, lonjong, pipih, berwarna cokelat, berambut pendek dan tebal. Biji memiliki umbai rambut serupa sutera panjang, sehingga biji bisa diterbangkan oleh angin. Widuri dapat diperbanyak dengan biji.

Pohon Biduri (Calotropis gigantea) merupakan tumbuhan asli Indonesia, Filipina, Kamboja, Malaysia, Thailand, Srilanka, India, dan China. Tumbuh hampir di seluruh wilayah Indonesia. Umumnya hidup meliar di sekitar pesisir pantai, daerah terbuka, dan padang rumput terutama yang mendapatkan banyak sinar matahari.

Tidak termasuk tumbuhan langka, tidak tercantum dalam Daftar Merah IUCN maupun Appendix CITES, serta tidak termasuk salah satu tumbuhan yang dilindungi di Indonesia.

Manfaat Biduri (Calotropis gigantea)

Di Indonesia tanaman Biduri belum banyak dimanfaatkan. Pemanfaatan biduri yang umumnya diketahui di Indonesia adalah sebagai tanaman obat-obatan (herbal) terutama pada bagian kulit akar, daun, getah, dan bunga. Sedangkan getahnya mengandung racun. Daun tanaman biduri mengandung saponin, flavonoida, polifenol, tanin, dan kalsium oksalat.Bagian daun digunakan obat herbal untuk mengobati kudis, luka kulit, bisul (furunculus), sariawan, gatal pada cacar air (varicella), campak (measles), demam, dan batuk.

Akar Biduri mengandung saponin, sapogenin, kalotropin, kalotoksin, uskarin, kalaktin, gigantin, dan harsa. Bagian ini dapat dimanfaatkan untuk mengobati demam, perut terasa penuh, kaki pegal dan lemas, gigitan ular beracun, bisul (furunculus), dan Penyakit kulit lainnya. Batang mengandung tanin, saponin, dan kalsium oksalat.

Klasifikasi Ilmiah Biduri. Kerajaan : Plantae. Divisi : Tracheophyta. Kelas : Magnoliopsida. Ordo : Icacinales. Famili : Apocynaceae. Genus : Calotropis. Spesies : Calotropis gigantea (L.) Dryand.

Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis
Pedas, tajam, pahit, berkhasiat sebagai pencahar (purgative), digestif, tonik (pada dosis yang kecil), menambah nafsu makan (stomakik) peluruh muntah (emetikum).

Kandungan Kimia
Mengandung glukosida (kalotropin, fuscharin, kalotoksin). Kulit batang mengandung dammar. Daun mengandung kalotropin, damar, floavil dan alban.

Bagian yang Dipakai
Kulit pohon, akar, daun, bunga dan getah.

Kegunaan

  • Gigi rusak.
  • Radang anak telinga (otitis).
  • Radang lambung (gastritis).
  • Kejang jantung (angina pectoris).
  • Kudis (scabies).
  • Campak/gabag (morbili).
  • Kutil, bisul (furunculus).
  • Eksim (eczema).

Dosis Pemakaian

  1. Pemakaian luar : daun widuri dicuci dan dihaluskan lalu ditempelkan pada kulit yang sakit atau getahnya dioleskan pada bagian yang sakit.
  2. Pemakaian dalam : 10-30 gram, direbus lalu airnya diminum.

Pemakaian Luar

  1. Gigi rusak (caries) : getah widuri 3-4 tetes dengan kapas dilumaskan pada gigi yang rusak, jangan terkena gigi yang sehat. Lakukan 1-2 kali sehari.
  2. Kutil : getah widuri dan kapur sirih secukupnya dicampur lalu dioleskan pada kulit yang terdapat kutil. Lakukan 2-3 kali sehari secara teratur sampai kutil hilang.
  3. Bisul (furunculus) : daun widuri secukupnya dihaluskan lalu dioleskan pada bisul agar lekas matang.
  4. Eksim (eczema): getah widuri beberapa tetes dilumaskan pada kulit yang terkena eksim. Lakukan 2 kali sehari secara teratur.
  5. Kudis (Scabies) : Cara ke-1 : 30 gram daun widuri segar dan 30 gram daun ketepeng china (Cassia Alata L.) dicuci bersih dan ditumbuk sampai keluar cairan, lalu dioleskan pada kulit yang terkena kudis; atau Cara ke-2 : 30 gram daun widuri digiling halus, dicampur dengan 50 cc air bersih dan sedikit kapur sirih lalu digosokan dan dilumaskan pada kulit yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.


Pemakaian Dalam

  1. Kejang jantung (angina pectoris) : ¾ jari kulit widuri, 15 gram daun sembung (Blumea balsamifera DC.), daun dewa (Gynura segetum [Lour] Merr.) dan daun kacapiring (Gardenia augusta Merr.) masing-masing 25 gram dan gula enau (Arenga pinnata Merr.) secukupnya, dicuci dan dipotong-potong seperlunya lalu direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 450 cc, setelah dingin disaring lalu diminum untuk 3 kali sehari, setiap kali 150 cc.
  2. Radang lambung (gastritis) : 20 gram bunga widuri dan 50 gram daun lidah buaya (Aloe vera L.) yang telah dikupas kulitnya, direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah dingin disaring lalu diminum untuk 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.
  3. Campak/gabag (morbili) : 15 gram daun widuri, 10 gram kunyit (Curcuma longa L.), 15 gram daun asam muda (Tamarindus indica L.) dan 15 gram pegagan (Centella asiatica [L.] Urban.), dicucidandirebus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, disaring tambahkan dua sendok makan madu lalu diminum untuk 2 kali sehari, setiap kali 150 cc.

Berikut ini beberapa contoh pemakaian herbal biduri untuk mengatasi penyakit :

1. Mengobati sakit gigi
Untuk meredakan nyeri akibat gigi berlubang, oleskan getah biduri dengan hati-hati. Terapkan hanya pada gigi berlubang, tidak pada gigi sehat.

2. Mengobati radang lambung (Gastritis)
Bunga widuri berguna untuk mengobati peradangan pada dinding lambung, atau biasanya disebut gastritis. Caranya, rebus sepertiga genggam bunga widuri bersama 3 gelas air, hingga menyisakan 2 ¼ gelas air saja. Tambahkan madu murni, minum. airnya setelah dingin masing-masing ¾ gelas, tiga kali dalam sehari.

3. Mengobati gigitan ular beracun
Untuk melawan racun karena gigitan ular, kunyah akar biduri sepanjang 5 cm. Telan airnya, dan tempelkan ampasnya pada luka.

4. Mengobati lepra dan kencing nanah
Rebus bunga biduri kering sebanyak 0,1 gram ke dalam 3 gelas air, hingga ainya berkurang 2 gelas. Minum setelah airnya dingin.

5. Mengatasi kelelahan pada otot
Haluskan akar widuri, tambahkan tepung beras dalam jumlah yang sama. Aduk kedua bahan hingga rata, kemudian gosokkan pada bagian tubuh yang terasa lelah.

6. Tertusuk duri lembut
Cukup dengan meneteskan getah biduri pada area kulit yang tertusuk oleh duri, maka  duri halus dapat dikeluarkan dengan mudah.

7. Mengobati bisul
Untuk mempercepat penyembuhan bisul, oleskan getah widuri pada kulit yang timbul bisul.

8. Mengurangi pembengkakan kelenjar getah bening
Oleskan getah widuri pada ketiak atau bagian tubuh lainnya yang mengalami pembengkakan kelenjar.

9. Mengatasi sariawan
Haluskan daun widuri dengan menumbuknya, peras untuk mendapatkan airnya. Teteskan air ini pada luka akibat sariawan.

10. Mengobati batuk
Untuk meredakan batuk bandel, seduh 500 mg bubuk yang terbuat dari akar widuri kering ke dalam segelas air panas. Saring dan minum airnya selagi hangat.

11. Mengobati penyakit campak
Gabag atau campak dapat diobati dengan tanaman widuri. Caranya, sediakan daun widuri segar, daun asam jawa, kunyit , dan pegagan. Semua bahan dalam takaran yang sama yaitu sekitar 15 gram. Rebus semua bahan bersama 3 gelas air sampai airnya menyusut separuh. Minum dua kali dalam sehari, masing-masing sebanyak ¾ gelas.

12. Menghilangkan kutil
Campur getah biduri dengan kapur sirih secukupnya, kemudian terapkan pada kutil. Lakukan perawatan dengan rutin setiap hari, sampai kutil hilang.

13. Mengobati kudis dan gatal
Daun widuri juga efektif untuk mengobati penyakit kudis. Caranya, segenggam daun widuri dicuci hingga bersih, kemudian panaskan di atas api kecil hingga layu. Tambahkan ¼ sdt kapur sirih, tumbuk keduanya hingga terbentuk pasta kental. Oleskan pasta ini pada area kulit yang bermasalah.

Informasi dan Cara Pemesanan Produk

Cara Pemesanan Produk:

  1. Anda dapat memesan Produk dengan memilih dan mengirimkan pesanan Anda melalui E-mail, Telpon, SMS, BBM, Whats App, dan atau via Yahoo! Messenger sesuai dengan syarat dan ketentuan.
  2. Format order via SMS / Whats App / BBM : Nama Lengkap / Detail Order / Alamat / Email / Telp / Bank.

Contact Us:

  • Telp:
    (Tsel) 0822 1042 2034
  • SMS:
    (Tsel) 0822 1042 2034
  • Whats App:
    0852 2800 1922
  • BBM:
    D05C5FDB
  • E-mail: centeral.health@yahoo.com

Biaya Pengiriman:

  1. Biaya pengiriman di tanggung oleh pembeli. Oleh karena itu, Anda dapat menentukan jasa pengiriman yang Anda inginkan.
  2. Untuk mengetahui jumlah biaya pengiriman, Anda dapat menghubungi kami. Atau Anda dapat menanyakannya langsung ke jasa pengiriman yang Anda inginkan.

Cara Pembayaran:

  1. Segera lakukan transfer untuk pembayaran harga dan biaya pengiriman melalui salah satu rekening bank kami yang tersedia di centeralhealth.com
  2. Setelah Anda melakukan transfer pembayaran harga dan biaya kirim, segera lakukan konfirmasi pembayaran sesegera mungkin kepada kami.

Pengiriman Produk:

  1. Kami akan melakukan pengiriman produk pesanan Anda, setelah Anda melakukan transfer pembayaran harga dan biaya kirim ke salah satu rekening bank kami.
  2. Order Anda kami kirim ke alamat yang Anda berikan selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah adanya konfirmasi pembayaran harga dan biaya pengiriman.

Pembatalan Pesanan:

Apabila dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak tanggal order pembelian belum dilakukan pembayaran atau tidak terdapat konfirmasi pembayaran oleh Pembeli ke centeralhealth.com, order akan kami batalkan.

 

About Us

Centeralhealth.com adalah pusat belanja online yang aman dan terpercaya yang berbasis di Djogjakarta, Indonesia.

Kami hadir untuk memudahkan memperoleh kebutuhan belanja tanpa harus mengganggu waktu sibuk Anda. Bahkan, Anda dapat melakukan order kepada kami walau masih berada di ruang tidur sekalipun.

Kami menawarkan berbagai macam kebutuhan, mulai dari herbal, minyak astiri, hinga produk-produk kesehatan dan kecantikan yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Kami menyediakan produk berkualitas setiap harinya, promo potongan harga dan promo spesial lainnya untuk memuaskan kebutuhan belanja online Anda.

We Accep

bank mandiribank bcawestern union

Konfirmasi Pembayaran

Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran setelah melakukan transfer pembayaran harga dan biaya pengiriman. Karena, kami tidak dapat mengirim order Anda tanpa adanya konfirmasi.

Order Anda kami kirim ke alamat yang Aanda berikan selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah adanya konfirmasi pembayaran harga dan biaya pengiriman. Cara Pemesanan ProdukPrivacy PolicyTerms Of ServicesContact Us