bintangur

Nama produk
BINTANGUR (Calophyllum inophyllum)
Kemasan
Isi
Jumlah
Harga
Keterangan
Plastik
1000gr
1
Rp. 350.000
Kering
Aluminium Foil
1000gr
1
Rp. 500.000
Powder
Botol
200 Kaps
1
Rp. 250.000
Kapsul
Keterangan
Harga belum termaksud biaya kirim
Pemesanan hubungi
Keila
telphone sms
0822 1042 2034
Whatsapp
0852 2800 1922
Black Berry Messenger
D05C5FDB

Bintangur atau Bintangor adalah salah satu spesies tumbuhan dalam famili Calophyllaceae yang berasal dari Semenanjung Malaysia. Nama botaninya Calophyllum spp..

Nama daerah
Bintangur, bintol, mentangur, penaga (Smt); bunut, nyamplung, sulatri, punaga (Jw); bataoh, bentangur, butoo, jampelung, jinjit, mahadingan, maharunuk (Kim); betau, bintula, dinggale, pude, wetai (Siw); balitoko, bintao, bitaur, patauie (Mik); bentango, gentangir, mantau, samplong, tau (NTT).

Nama di negara lain
Bithanol, bintaog, bitaog, marabitaog, Palomariadela Playa, pamitaogen, pamintaogen ( PI );
bintangor (Miy, Sb, Swk, UK, USA, Fr, Sp, It, Sw, Nl, Gml; kathing (Th); mu-u, eong (Vn); poon (Bma,lnd); bakokol, entangor, mentangor (Swk); penaga laut(Miy); penaga (Sb).

Calophyllum inophyllum (nyamplung) merupakan salah satu tanaman mangrove yang biasa hidup di daerah rawa, tumbuh di daratan dengan ketinggian dari 0 hingga 400 mdpl, tersebar diseluruh kepulauan Indonesia.

Keistimewaan tanaman ini adalah terbukti bisa digunakan sebagai penghambat pertumbuhan virus HIV. Seperti kita ketahui, Sejumlah obat telah diluncurkan di pasaran untuk menghambat proses pertumbuhan virus HIV sehingga penderita AIDS bisa memiliki waktu lebih banyak untuk menghabiskan sisa umurnya. Dan tak semua penderita AIDS berkantong tebal untuk bisa membeli obat penghambat pertumbuhan virus HIV yang tergolong mahal ini. Namun, dengan adanya kehadiran tumbuhan ini dapat dijadikan obat penghambat virus HIV yang kita tahu sangat mematikan.

Tumbuhan  bintangur ini mengandung senyawa costatolide dalam getah daunnya. Hasil penelitian menunjukkan senyawa castotolide A cukup efektif menekan pertumbuhan virus HIV.

Di Indonesia, keberadaan tumbuhan ini banyak kita jumpai di kawasan Kalimantan cukup besar.  Jadi penderita AIDS tak perlu khawatir akan kekurangan tumbuhan obat ini.

Tanaman mangrove spesies nyamplung (Calophyllum inophyllum) ini memiliki banyak manfaat yang bisa dikembangkan, selain menghasilkan minyak (biodiesel) , stearin, briket arang, arang aktif dan sebagai kayu komersial yang memiliki ketahanan hama penggerek kayu laut, mangrove ini juga memiliki kandungan senyawa yang berpotensi sebagai obat.

Bijinya berkhasiat sebagai urus-urus dan sebagai obat rematik. Bahkan penelitian yang dilakukan beberapa tahun terakhir mengungkapkan bahwa pada getah daun dan batang tanaman mangrove ini berfungsi sebagai antiviral yang menghambat laju perkembangan HIV-1 pada penderita AIDS (P3HH,2005-2008).

Kumarin  yang terkandung pada getah daun, dan batang pohon nyamplung (Calophyllum inophyllum) untuk menghambat laju perkembangan HIV-1 pada penderita AIDS dalam bentuk tablet effervescent yang belum pernah ada sebelumnya. Manfaat dari sediaan effervescent ini adalah bahan obat yang telarut didalamnya akan dihantarkan dengan cepat oleh gelembung gas CO2 atau gelembung ini bisa juga disebut sebagai drug delivery system (Nutwuri,2008).

Dengan sedikit sentuhan teknologi, tanaman mangrove yang mudah didapat ini dapat dijadikan suatu alternatif terapi herbal penderita HIV-AIDS hingga diharapkan laju epidemik HIV di Indonesia semakin berkurang. Bahkan, selain mendapatkan efek terapi sebagai anti HIV AIDS, penderita juga bisa mengkonsumsinya seperti meminum minuman soda dengan rasa yang enak dan berbeda dengan rasa obat-obat yang biasa dikonsumsi.

Saat ini terdapat banyak obat-obatan yang telah diakui untuk penderita HIV, tetapi tidak satupun dari obat-obatan ini mampu menyembuhkan HIV dan tidak ada obat yang mampu efektif  bila dikonsumsi sendirian (satu pil saja). Penanganan untuk infeksi HIV terdiri dari terapi antiretroviral yang sangat aktif yaitu Highly Active Antiretroviral Therapy (HAART). HAART dapat diklasifikasikan berdasarkan mekanisme kerjanya dalam menghambat siklus hidup HIV.

Salah satu jenis HAART yang berperan besar dalam mengambat HIV adalah Reverse Transkriptase Inhibitor (RTI), yaitu antiretroviral yang menghambat enzim reverse transkriptase sehingga sintesis DNA tidak dapat terjadi sehingga mencegah HIV untuk memperbanyak diri. Selain itu terdapat jenis HAART yaitu Entry/ fusion inhibitors yang bekerja menghambat masuknya HIV ke dalam sel inang (FDA, 2008).

Walaupun obat anti-retrovirus sudah menjadi kunci dalam penatalaksanaan HIV-AIDS, ada beberapa keterbatasan, yaitu :
Anti-retrovirus tidak mampu sepenuhnya memberantas virus.Terapi ini gagal mengendalikan viremia dalam kurang lebih sepertiga pasien pada berbagai uji klinis. Viremia dengan cepat meningkat setelah terapi dihentikan, atau menghentikan salah satu obat dalam kombinasi.

Jenis HIV yang resisten sering muncul,terutama jika kepatuhan pasien pada terapi tidak hampir sempurna (95% atau lebih). Kegagalan lebih mungkin terjadi pada tahap penyakit yang sudah lanjut. Kepatuhanpada terapi jangka panjang sulit dipertahankan.

Penularan HIV melalui perilaku yang berisiko dapat terus tejadi, walaupun viral load tidak terdeteksi. Jenis virus yang resisten terhadap semua obat dalam regimen anti-retrovirus dapat ditularkan ke orang lain melalui perilaku berisiko.

Efek samping jangka pendek akibat pengobatan seringterjadi, mulai dariyang ringan termasuk anemia, neutropenia, mual, sakit kepala sampai yang berat misalnya hepatitis akut.Efek samping jangka menengah baru mulai diketahui seperti resisten insulin, asidosis laktat, hyperlipidemia dan lipodistrofi. Efek samping jangka panjang hingga kini belum diketahui (Farmakologi dan Terapi Edisi 5,FK UI,2007).

Pengalaman dengan obat antiretrovirus di Negara berkembang menunjukkan bahwa sebagian besar pasien memulai terapi setelah jumlah sel CD4<200. Di Indonesia, upaya sebaiknya diarahkan pada diagnosis HIV secara dini dan pemantauan jumlah CD4 atau limfosit total serta gejala klinis untuk menentukan bahwa antiretrovirus diberikan kepada pasienpada waktu yang tepat (TheBody,2007).

Nyamplung merupakan tanaman pantai yang tumbuh di daratan dengan ketinggian dari 0 hingga 400 mdpl, tersebar diseluruh kepulauan Indonesia, juga di beberapa negara berpantai seperti negara- negara di Afrika, Madagaskar, India, Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Cina. Habitus berupa pohon, tinggi ± 20 m. Batang berkayu, bulat, coklat atau putih kotor.

Daun tunggal, bersilang berhadapan, bulat memanjang atau bulat telur, ujung tumpul, pangkal membulat,tepi rata, pertulangan menyirip, panjang 10-21 cm,lebar 6-11 cm, tangkai 1,5-2,5 cm. daging daun seperti kulit/belulang, hijau. Bunga majemuk, bentuk tandan, di ketiak daun yang teratas, berkelamin dua, diameter 2-3 cm, tujuh sampai tiga belas, daun kelopak empat, tidak beraturan, benang sari banyak, tangkai putik membengkok, kepala putik bentuk perisai, daun mahkota empat, lonjong, putih. Buah batu, bulat seperti peluru dengan mancung kecil didepannya, diameter 2,5-3,5 cm, coklat. Biji bulat, tebal, keras, pada inti terdapat minyak berwarna kuning, coklat. Akar tunggang, bulat, coklat (P3HH,2005-2009).

Pohon nyamplung memiliki produk samping seperti kumarin (getah yang berkhasiat sebagai obat HIV/AIDS), stearin, briket arang dan arang aktif dan lain sebagainya. Kumarin terdapat di berbagai macam tanaman dan dapat ditemukan dalam sel daun, pucuk daun, sel akar, sel biji, maupun sel kulit buah (Frederic.dkk, 2008). Calophyllum inophyllum (nyamplung) mengandung derivat kumarin yang terdapat pada getah bagian daun dan batang maupun kulit batang pohon. Kalonolida A (2) derivat senyawa kumarin  yang bisa digunakan sebagai obat anti HIV karena sifatnya sebagai inhibitor pada enzim reverse transkriptase sehingga HIV tidak bisa bereplikasi didalam sel (K.D.Pawar et al,2007).

Kalonolida (derivat senyawa kumarin) adalah kandungan dari makanan alami yang memiliki potensi besar sebagai bahan antiretroviral karena dapat menghambat laju perkembangan HIV .Senyawa tersebut dapat memblok masuknya HIV ke dalam sel target dengan menghambat aktifitas protein gp41 sehingga tidak terjadi fusi antara HIV dan target sel (Lin Lv.dkk, 2008).

Selain itu, kumarin dapat menghambat enzim reverse transkriptase secara nonkompetitif (Murat 12 artan, 2008). Dari hasil penelitian tersebut, maka derivat kumarin tersebut dapat digolongkan sebagai Non-Nucleoside Reverse Transkriptase Inhibitor (NNRTI).

Solusi alternatif dengan membuat suatu produk herbal dari ekstrak kulit batang dan daun tanaman Calophyllum inophyllum dalam bentuk sediaan tablet effervescent sehingga bisa lebih mudah dikemas dengan kemasan yang lebih baik. Effervescent didefinisikan sebagai bentuk sediaan yang menghasilkan gelombang-gelembung gas CO2 sebagai hasil reaksi kimia dari senyawa asam dengan  senyawa karbonat atau bikarbonat dalam larutan. Reaksi ini menimbulkan efek sparkle atau rasa seperti minuman soda. Manfaat dari sediaan ini adalah bahan obat yang telarut didalamnya akan dihantarkan dengan cepat oleh gelembung gas CO2 atau gelembung ini bisa juga disebut sebagai drug delivery system. Gelembung gas ini juga dapat meningkatkan derajat disolusi obat sehingga bahan aktif obat lebih cepat diabsorbsi tubuh (Indrawati,2008).

Oleh karena itu, kami menggunakan gagasan seperti ini agar sediaan bisa dikonsumsi dengan mudah oleh pasien HIV.Manfaat terpenting yang didapat adalah meningkatkan kepatuhan pasien HIV dalam mengkonsumsi obat sehingga efek terapi lebih bisa dirasakan dengan cepat.

Informasi dan Cara Pemesanan Produk

Cara Pemesanan Produk:

  1. Anda dapat memesan Produk dengan memilih dan mengirimkan pesanan Anda melalui E-mail, Telpon, SMS, BBM, Whats App, dan atau via Yahoo! Messenger sesuai dengan syarat dan ketentuan.
  2. Format order via SMS / Whats App / BBM : Nama Lengkap / Detail Order / Alamat / Email / Telp / Bank.

Contact Us:

  • Telp:
    (Tsel) 0822 1042 2034
  • SMS:
    (Tsel) 0822 1042 2034
  • Whats App:
    0852 2800 1922
  • BBM:
    D05C5FDB
  • E-mail: centeral.health@yahoo.com

Biaya Pengiriman:

  1. Biaya pengiriman di tanggung oleh pembeli. Oleh karena itu, Anda dapat menentukan jasa pengiriman yang Anda inginkan.
  2. Untuk mengetahui jumlah biaya pengiriman, Anda dapat menghubungi kami. Atau Anda dapat menanyakannya langsung ke jasa pengiriman yang Anda inginkan.

Cara Pembayaran:

  1. Segera lakukan transfer untuk pembayaran harga dan biaya pengiriman melalui salah satu rekening bank kami yang tersedia di centeralhealth.com
  2. Setelah Anda melakukan transfer pembayaran harga dan biaya kirim, segera lakukan konfirmasi pembayaran sesegera mungkin kepada kami.

Pengiriman Produk:

  1. Kami akan melakukan pengiriman produk pesanan Anda, setelah Anda melakukan transfer pembayaran harga dan biaya kirim ke salah satu rekening bank kami.
  2. Order Anda kami kirim ke alamat yang Anda berikan selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah adanya konfirmasi pembayaran harga dan biaya pengiriman.

Pembatalan Pesanan:

Apabila dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak tanggal order pembelian belum dilakukan pembayaran atau tidak terdapat konfirmasi pembayaran oleh Pembeli ke centeralhealth.com, order akan kami batalkan.

 

About Us

Centeralhealth.com adalah pusat belanja online yang aman dan terpercaya yang berbasis di Djogjakarta, Indonesia.

Kami hadir untuk memudahkan memperoleh kebutuhan belanja tanpa harus mengganggu waktu sibuk Anda. Bahkan, Anda dapat melakukan order kepada kami walau masih berada di ruang tidur sekalipun.

Kami menawarkan berbagai macam kebutuhan, mulai dari herbal, minyak astiri, hinga produk-produk kesehatan dan kecantikan yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Kami menyediakan produk berkualitas setiap harinya, promo potongan harga dan promo spesial lainnya untuk memuaskan kebutuhan belanja online Anda.

We Accep

bank mandiribank bcawestern union

Konfirmasi Pembayaran

Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran setelah melakukan transfer pembayaran harga dan biaya pengiriman. Karena, kami tidak dapat mengirim order Anda tanpa adanya konfirmasi.

Order Anda kami kirim ke alamat yang Aanda berikan selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah adanya konfirmasi pembayaran harga dan biaya pengiriman. Cara Pemesanan ProdukPrivacy PolicyTerms Of ServicesContact Us