krangean

Nama produk
KRANGEAN (Litsea cubeba Pers.)
Kemasan
Isi
Jumlah
Harga
Keterangan
Plastik
1000 gr
1
Rp. 90.000
Kering
Aluminium Foil
1000 gr
1
Rp. 120.000
Pure Powder
Botol
200 kaps
1
Rp. 160.000
Kapsul Herbal
Botol
20 ml
1
Rp. 160.000
Pure Oil
Keterangan
Harga belum termaksud biaya kirim
Pemesanan hubungi
Keila
telphone sms
0822 1042 2034
Whatsapp
0852 2800 1922
Black Berry Messenger
D05C5FDB

Litsea cububa pers merupakan salah satu tumbuhan aromatik yang dikenal dengan nama krangean atau ki lemo ini diyakini dapat meningkatkan libido bagi kaum lelaki. Kabar ini sungguh menggembirakan bagi kaum adam untuk menambah keperkasaannya.

Krangean satu tanaman obat asli Indonesia yang memiliki kemampuan meningkatkan kemampuan libido layaknya viagra, didaftarkan untuk mendapatkan hak paten. Kepala Balitbang Kementerian Kesehatan Dr dr Trihono MSc menyatakan, buah krangean yang tumbuh di bumi Indonesia telah diujicobakan pada binatang dan terbukti mampu meningkatkan libido.

Untuk mengenal pohon krangean ada beberapa ciri antara lain pohonnya bisa tumbuh sampai 15 meter, batang tegak, berkayu, bulat dan mempunyai percabangan simpodial, warnah putih kusam. Berdaun tunggal, lonjong dengan tepi rata ujung meruncing, demikian juga pangkalnya, pertulangan daun menyirip, panjang daun berkisar 10-14 cm dengan lebar 7-9 cm warna hijau.

Sedangkan bunganya masuk golongan majemuk berbentuk malai dan berkelamin dua, mempunyai kelopak hijau muda dengan bentuk mangkok berbulu halus, mahkota bulat melengkung, kepala sari bulat, hijau kehitaman. Adapun buahnya berbentuk bulat seperti buah jeruk, namun buah krangean keras dan pada saat muda warna hijau sedangkan setelah tua warna hitam. Bijinya juga bulat, warna putih kusam. Pohon ini berakar tunggang cokelat kehitaman.

Kulit batang dan daun krangean mempunyai kandungan saponin, flavonoida dan tanin. Kandungan kimia ini sangat bermanfaat untuk pengobatan, antara lain berkhasiat untuk penawar bisa akibat gigitan serangga. Sedangkan buahnya berkhasiat untuk meredakan batuk, juga dapat meningkatkan gairah seks bagi kaum lelaki.

Penggunaan Secara Tradisional
Litsea cubeba (Lour.) Pers telah digunakan sebagai penghangat dan pereda rasa sakit lebih dari ratusan tahun silam sebagai Traditional Chinese Medicine (TCM) (Song et al., 2000), bijinya dimakan untuk memperbaiki pencernaan, menyembuhkan batuk dan bronkitis (Wiart, 2006).  Di India pengobat tradisional menggunakan buah krangean (dengan nama lokal: siltiur, tanghaercherkerg) secara oral sebagai karminatif (Chanda et al., 2007). Di Vietnam, Kamboja, dan Laos, dekokta dari tanaman digunakan untuk LN-1.4 menangani gangguan mental, seperti histeria dan gampang lupa. Di Taiwan krangean digunakan untuk penyembuhan  kutu air di telapak kaki dan penyakit kulit (Wiart, 2006). Di Indonesia, secara empirik minyak kulit batang krangean telah dimanfaatkan sebagai obat kejang urat atau otot (Mardisiwojo dan Radjakmangunsudarso, 1968). Masyarakat Dayak Kenyan di Kalimantan memanfaatkan batang dan buah untuk rempah-rempah (Susianti, 1996). Di Jawa Timur, krangean (dikenal dengan nama adem ati) kulit batangnya digunakan untuk parem sedangkan buahnya sebagai obat batuk (Tyas dkk., 1999). Masyarakat Batak Toba menyebut krangean dengan nama antarasa dan memanfaatkanya sebagi obat rematik, pegal-pegal, demam, dan untuk rempah (Rahmawati, 2004). Akar dan cabang krangean digunakan oleh masyarakat untuk obat sakit pencernaan, sakit kepala, sakit otot, sakit saat menstruasi, dan obat mabuk perjalanan (Heryati, 2009).

Kandungan Kimia
Kandungan senyawa kimia tumbuhan krangean telah banyak diteliti, terutama kandungan minyak esensialnya. Minyak esensial krangean lebih tinggi dibanding Litsea kostermanin Chang dan Litsea gerciae Vidal. Kandungan minyak esensial daun sekitar 0,3% dengan kandungan utama 1,8 -sineol yaitu mencapai 43,39%, sedangkan batang mengandung 0,11% (Cheng and Cheng, 1983). Kulit batang mengandung me. yang terdiri dari: Tujena, Pinena, kamfena, sabinen, -pinen, mirsena, 1,8-sineol, 2,6-dimetil-hepten-5 -al, -terpinena, isolemonina, terpinolen, linalool, sitronelal, neo-isopulegol, isopulegol, 4-terpineol, terpineol, trans-carveol, sitronelol, geraniol, geranial, - terpenil asetat, - kopaen, metal sinnamat, metal eugenol, nerol, zingeberena, (E) - kariofilena, -fernesena, -humulen, -kurkumen, zingiberen, Δ-kadinen, karyofillen oksida (Cheng and Cheng; Adam, 1995). Buah mengandung : asam monoterpenoat (asam litseakubeba) dan monoterpenlakton (6R) - 3,7 – dimetil - 7hidroksi – 2 – okten - olide, asam vanilat, tran - 3,4,5 - trimetoksilsinamil alkohol dan xonantenin (Yang et al., 2010), asam cis – 4 - desenoat, cis – 4 - dodesenoat, dan asam sis-4-tetradesenoat (Jing-Ping, 1985). Asam lemak yang mendominasi minyak esensial adalah asam laurat (68,5%) (Kotoky et al., 2007). Analisis kandungan me dengan Gas Kromatrografi -Spektroskopi Massa (GC-MS) oleh Ho et al. (2010).

Khasiat dan manfaat krangean

Penurun aktivitas lokomotor (antikejang)
Inhalasi minyak atsiri kulit batang krangean dengan dosis 0,5 ml dapat menurunkan aktifitas lokomotor mencit jantan galur ddY hingga 60,75% (Muchtaridi et al., 2005; Muchtaridi et al., 2011). Kandungan dalam minyak atsiri yang terlibat aktifitas ini adalah sitronelal, sitronelol, a-terpineol dan 1,8-sineol. Senyawa tersebut berikatan pada dan GABA sehingga aktifitas kerja sistem GABA meningkat yang mengakibatkan penurunan aktifitas lokomotor (Aoshima and Hamamoto, 1999; Buchabuer et al.,1993).

Anti-ulser
Krangean mengandung senyawa kimia yang disebut glaziovine (Lee et al., 1992), alkaloid keluarga Proaporphin e, yang memiliki khasiat sebagai anxiolytic. Psikofarmakologi glaziovine telah dibandingkan dengan diazepam dalam studi klinik double blind (Buffa et al., 1974). Galeone et al. (1981) melaporkan bahwa glaziovine memiliki khasiat sebagai anti- ulser.

Anti kanker atau anti tumor
Ho et al. (2010b) melaporkan bahwa minyak dari buah krangean secara in vitro mampu menghambat perkembangan sel kanker manusia, IC50 terhadap sel kanker paru (sel OEC-M1), hati (sel J5) dan mulut (sel A549) berturut-turut sebesar 50, 50, dan 100 ppm. Sitral merupakan senyawa yang mampu menghambat perkembangan sel tumor (Panchawat, 2010), menghambat proliferasi dan menginduksi apoptosis sel kanker payudara (MCF-7) (Chaouki et al.,2009). Aktifitas antikanker juga dimiliki oleh 1,8-sineol, yaitu mampu menginduksi kematian sel-sel leukemia (Moteki et al.,2002). Aktifitas penghambatan pertumbuhan sel tumor dari ekstrak metanol campuran daun dan ranting tidak sebaik dengan minyak buah krangenan, yang ditunjukkan dengan EC50 terhadap sel tumor human umbilical vein endothelial cell (HUVEC), MCF-7, dan human leukemia (HL-60) melebihi 100 g/mL (Lin et al.,2007).

Antimikrobia
Ekstrak air, etanol, etil asetat, dan heksan dari daun krangean tidak menunjukkan adanya aktifitas antimikrobia baik terhadap bakteri, kapang, maupun jamur (Areekul et al., 2009). Namun demikian minyak esensial dari buah Lisea cubeba memiliki aktivitas anti bakteri baik gram negatif maupun positif (Daniel, 2005), serta anti jamur yang baik. Asam litseacubeba (litseacubebic acid) dan senyawa monoterpen lakton (6R)-3,7-dimetil-7hidroksi-2-okten- olide memiliki aktifitas anti jamur terhadap Scelrotina sclerotiorum, Thanatephorus cucumeris, Pseudocer-cospora musae dan Colletotrichum gloeosporioides pada konsentrasi 588 dan 272 M. IC50 minyak esensial dari buah terhadap T. Cucumeris dan  S. sclerotiorum berturut -turut 115,58 dan 151,25 g/mL (Yang et al., 2010). Sitral salah satu komponen minyak esensial krangean juga dilaporkan mampu menghambat pertumbuhan jamur Microsporum gypseum, Aspergillus fumigates, Trichophyton mentagrophytes var. interdigitale, dan Candida albican (Dweck, 2011).LN-1.7.

Antioksidan
Krangean mempunyai potensi sebagai suplemen untuk antiok sidan. Ekstrak metanol daun dan ranting mampu mengurangi aktifitas Reactive oxygen species (ROS), dengan nilai EC50 11,39 ± 0,38 g/mL (Lin et al., 2007). Walaupun penting untuk kelangsungan hidup, namun produksi berlebih ROS berkaitan erat dengan proses penuaan dan penyakit degenerative tertentu, termasuk kanker, berkurangnya fungsi kongnitif, dan penyakit jantung koroner (Finkel and Holbrook, 2000). Hwang et al. (2005) menambahkan bahwa ekstrak metanol kulit batang memiliki aktivitas antioksidan lebih tinggi dari pada a-tokoferol dan asam askorbat.

Antiinflamasi
Ekstrak metanol kulit batang krangean dapat menghambat katalis mielop eroksidase yang menyebabkan terjadinya inflamasi. Ekstrak kulit batang krangean dapat menghambat produksi oksida nitrit (NO) dan prostaglandin E2 (PGE2) dari sel-sel makrofag yang teraktifasi LPS (Choi and Hwang, 2004). Setelah pemberian secara oral, -humulen mampu mengurangi pembentukan edema yang disebabkan oleh penyuntikan histamin, sedangkan pemberian secara sistemik dapat mencegah tumor necrosis factor - (TNF) dan interleukin -1 (IL-1) pada tikus yang disuntik karagenan (Adorjan, 2010). Kandungan 1,8-sineol atau sering disebut juga eukaliptol merupakan senyawa yang efektif untuk mengurangi inflamasi dan rasa sakit (Moteki et al.,2002).

Insektisida dan repelen
Minyak esensial krangean diketahui dapat digunakan sebagai pengusir rayap (Lin and Yin, 1995). Penelitian lain menegaskan pengunaan minyak esensial buah krangean untuk insektisida alternatif dalam pengendalian hama pertanian khususnya hama gudang yang menyerang biji-bijian. Pengunaan konsentrasi 16 g/cm2 dapat mengusir Sitophilus zeamais dan Tribolium castaneum dan memiliki toksisitas fumigant (LD50) dan tosisitas kontak (LD50) terhadap S. Zeamais berturut -turut sebesar 92,46g/L dan 0,1l/ekor hama (Ko-Ko et al.,2009).

Minyak esensial buah krangean memilik aktifitas repelan terhadap nyamuk. Aktifitas repelensi 5% minyak krangean sebesar 91,6% dari repelensi DEET 19 % (Andersson, 2010). Tawatsin et al. (2006) melalui studi klinik mengungkapkan bahwa minyak esensial buah krangean dengan kadar 10% memiliki aktifitas repellensi terhadap nyamuk Aedes aegypti, Ae. Albopictus, Anopheles dirus, dan Culex quinquefasciatus berturut-turut 1,7(+0,3); 6,2(+0,8); 8 ( +0,0) dan 7(+1,0) jam sedangkan deet (N,N-dietil-3-metilbenzamid) dengan kadar 10% sebagai kontrol berturut-turut 7,5(+0,2); 8(+0,0); 8 (+0,0); dan 8 (+0,0) jam.

Toksisitas
Pemberian minyak esensial krangean hingga dosis 100 mg/kg BB/hari selama 28 hari pada tikus galur SD tidak menunjukkan efek toksik. Walaupun dijumpai adanya perubahan jaringan hati dan meningkatnya berat ginjal namun tidak berbeda secara bermakna dengan kontrol (Tubtim and Wasiksiri, 2007). Tosisitas ringan ditunjukkan dengan nilai LD50 (secara oral), LC50 (melalui kulit), dan LC50 (melalui inhalasi) pada tikus galur SD LN-1. 8 berturut-turut sebesar 4.000 mg/ kg BB, 5.000 mg/ kg BB, dan 12.500 ppm. Minyak biji krangean tidak menunjukkan toksisitas genetik (in vitro dan in vivo) pada Salmonella typhimurium, sel sumsum belakang dan sel spermatosit (Lou et al., 2005).

Informasi dan Cara Pemesanan Produk

Cara Pemesanan Produk:

  1. Anda dapat memesan Produk dengan memilih dan mengirimkan pesanan Anda melalui E-mail, Telpon, SMS, BBM, Whats App, dan atau via Yahoo! Messenger sesuai dengan syarat dan ketentuan.
  2. Format order via SMS / Whats App / BBM : Nama Lengkap / Detail Order / Alamat / Email / Telp / Bank.

Contact Us:

  • Telp:
    (Tsel) 0822 1042 2034
  • SMS:
    (Tsel) 0822 1042 2034
  • Whats App:
    0852 2800 1922
  • BBM:
    D05C5FDB
  • E-mail: centeral.health@yahoo.com

Biaya Pengiriman:

  1. Biaya pengiriman di tanggung oleh pembeli. Oleh karena itu, Anda dapat menentukan jasa pengiriman yang Anda inginkan.
  2. Untuk mengetahui jumlah biaya pengiriman, Anda dapat menghubungi kami. Atau Anda dapat menanyakannya langsung ke jasa pengiriman yang Anda inginkan.

Cara Pembayaran:

  1. Segera lakukan transfer untuk pembayaran harga dan biaya pengiriman melalui salah satu rekening bank kami yang tersedia di centeralhealth.com
  2. Setelah Anda melakukan transfer pembayaran harga dan biaya kirim, segera lakukan konfirmasi pembayaran sesegera mungkin kepada kami.

Pengiriman Produk:

  1. Kami akan melakukan pengiriman produk pesanan Anda, setelah Anda melakukan transfer pembayaran harga dan biaya kirim ke salah satu rekening bank kami.
  2. Order Anda kami kirim ke alamat yang Anda berikan selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah adanya konfirmasi pembayaran harga dan biaya pengiriman.

Pembatalan Pesanan:

Apabila dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak tanggal order pembelian belum dilakukan pembayaran atau tidak terdapat konfirmasi pembayaran oleh Pembeli ke centeralhealth.com, order akan kami batalkan.

 

About Us

Centeralhealth.com adalah pusat belanja online yang aman dan terpercaya yang berbasis di Djogjakarta, Indonesia.

Kami hadir untuk memudahkan memperoleh kebutuhan belanja tanpa harus mengganggu waktu sibuk Anda. Bahkan, Anda dapat melakukan order kepada kami walau masih berada di ruang tidur sekalipun.

Kami menawarkan berbagai macam kebutuhan, mulai dari herbal, minyak astiri, hinga produk-produk kesehatan dan kecantikan yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Kami menyediakan produk berkualitas setiap harinya, promo potongan harga dan promo spesial lainnya untuk memuaskan kebutuhan belanja online Anda.

We Accep

bank mandiribank bcawestern union

Konfirmasi Pembayaran

Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran setelah melakukan transfer pembayaran harga dan biaya pengiriman. Karena, kami tidak dapat mengirim order Anda tanpa adanya konfirmasi.

Order Anda kami kirim ke alamat yang Aanda berikan selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah adanya konfirmasi pembayaran harga dan biaya pengiriman. Cara Pemesanan ProdukPrivacy PolicyTerms Of ServicesContact Us