tapak liman

Nama produk
TAPAK LIMAN (Elephantopus scaber)
Kemasan
Isi
Jumlah
Harga
Keterangan
Plastik
1000 gr
1
Rp. 120.000
Kering
Aluminium Foil
1000 gr
1
Rp. 150.000
Pure Powder
Botol
200 kaps
1
Rp. 180.000
Kapsul Herbal
Karton Box
30 poci
1
Rp. 30.000
Teh Celup
Keterangan
Harga belum termaksud biaya kirim
Pemesanan hubungi
Keila
telphone sms
0822 1042 2034
Whatsapp
0852 2800 1922
Black Berry Messenger
D05C5FDB

Tapak Liman (Elephanthopus scaber) merupakan tanaman terna. Ketinggian tumbuhnya 10 - 80 cm. Batangnya kaku dan bercabang. Akarnya tunggang, daunnya tunggal, berbentuk bulat telur. Tapak liman mempunyai bunga yang mahkotanya berwarna putih sampai ungu kemerahan. Sementara itu, buahnya berambut.

Dalam pengobatan, seluruh bagian tanaman bisa dimanfaatkan. Namun, yang paling sering digunakan adalah daunya. Daun tapak liman digunakan sebagai obat batuk, obat sariawan, obat panas dalam, obat diare, obat bisul, obat eksim, obat keputihan, pelembut kulit kaki, obat untuk mengatasi gigitan binatang berbisa, dan obat pembengkakan. Dari penelitian diketahui bahwa tapak liman antara lain mengandung zat antiradang, antijamur, dan antipiretik (penurun panas).

Seluruh bagian tanaman ini terutama daun, akar, dan batang tanaman dapat digunakan sebagai obat tradisional. Salah satunya sebagai pemacu gairah seksual sehingga tanaman ini dikenal dengan sebutan Viagra Jawa. Tanaman ini mengandung senyawa stigmaterol yang membentuk hormon progesterone sehingga dapat sebagai pemacu gairah. Di samping sebagai pembangkit gairah, tanaman ini juga berkhasiat untuk melancarkan air seni, melancarkan peredaran darah, menyembuhkan berbagai jenis radang (termasuk radang rahim alias keputihan), antianemia, pembersih darah, antikanker, mengatasi perut kembung, beri-beri, disentri, digigit ular, batuk seratus hari, hingga hepatitis (Ferdy, 2005).

Daun pada tumbuhan ini mengandung zat semacam glukosida. Ekstrak daun berkhasiat sebagai antibiotik terhadap Staphylococcus, dan pada daunnya juga telah ditemukan suatu zat pahit dan glikosid berupa kristal putih.Menurut farmakologi China, tapak liman yang mempunyai rasa pahit, pedas, dan menyejukkan ini berkhasiat sebagai penurun panas antibiotika, anti radang, peluruh air seni, menghilangkan pembengkakan serta menetralkan racun.

Daun tapak liman mengandung epifrielinol, lupeol, stiqmasterol, triacontan-l-ol, dotriacontan-l-ol, lupeol acetat, deoxyelephantopin, dan isodeozyelephantopin, sedangkan di bagian bunganya terdapat kandungan luteolin-7-glucoside.  Senyawa deoxyelephantopin inilah yang merupakan senyawa antitumor, penghilang radang akibat bakteri, antibiotik terhadap bakteri Staphylococcus, penyebab keputihan (Diah dan Enny, 2007).

Tapak liman tumbuh liar di lapangan rumput, pematang, kadang-kadang ditemukan dalam jumlah banyak, terdapat di dataran rendah sampai dengan ketinggian 1.200 m dpl. Merupakan terna tahunan, tegak berambut dengan akar yang besar, dan tingginya mencapai 10-80 cm. Batangnya kaku berambut panjang dan rapat, bercabang dan beralur.

Daunnya tunggal berkumpul di bawah membentuk roset, berbulu, bentuk daun jorong, bundar telur memanjang dengan tepi melekuk dan bergerigi tumpul, panjang daun 10-18 cm dan lebar 3-5 cm. Daun pada percabangan jarang dan kecil dengan panjang 3-9 cm dan lebar 1-3 cm. Bunganya berbentuk bonggol, banyak, dan berwarna ungu. Buahnya berupa buah longkah. Masih satu marga tetapi dari jenis yang lain dengan Elephantopus tomentosa L yang mempunyai bunga berwarna putih, bentuk daunnya bulat telur agak licin, memiliki efek terapi yang sama tetpai khasiat penurun panas dan anti radang yang kurang poten. Lebih sering digunakan pada rheumatik dan anti kanker.

Tanaman ini memiliki beberapa nama daerah diantaranya tutup bumi (Melayu); balagaduk, jukut cancang, tapak liman (Sunda); tampak liman, tapak tangan, talpak tana (Maduar). Dalam bahasa Indonesia biasa disebut dengan nama tapak liman.

Tanaman yang mempunyai sifat kimia berupa rasa pahit, pedas, dan sejuk ini seluruh bagian tanamannya bisa digunakan sebagai obat setelah dicuci dan dikeringkan. Daunnya mengandung epifriedelinol, lupeol, stiqmasterol, triacontan-1-ol,dotriacontan-1-ol, lupeol acatate, deoxyelephantopin, dan isodeoxyelephantopin. Bunganya mengandung luteolin-7-glucoside. Mempunyai efek farmakologis berupa penurun panas, anti radan, antibiotik, peluruh air seni, menghilangkan pembengkakan, dan menetralkan racul.

Beberapa penyakit yang bisa diobati menggunakan tapak liman diantaranya:

1. Hepatitis
Rebus 120-180 gr akar tapak liman segar dan daging lalu minum airnya. Lakukan pengobatan 4-5 hari.

2. Biri-biri
Tim 30-60 gr tapak liman dan 60-120 gr tahu dengan air secukupnya lalu makan.

3. Perut kembung
Rebus 60 gr batang tapak liman, untuk dua kali minum.

Selain tiga penyakit di atas, tapak liman juga bisa digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang lain dengan cara merebus 15-30 gr tapak liman lalu minum airnya. Beberapa penyakit itu adalah:
1. Influenza, demam, peradangan amandel, radang tenggorok, radang mata.
2. Dysentri, diare, giigitan ular.
3. Epidemic encephalitis B, batuk seratus hari (pertusis)
4. Sakit kuning, memperbaiki fungsi hati, busung air (ascites)
5. Radang ginjal yang akut dan kronik
6. Bisul, eksema
7. Kurang darah (anemia), radang rahim, keputihan
8. Mempermudah proses kelahiran, pengobatan sesudah bersalin
9. Pelembut kaki, peluruh dahak, peluruh haid, pembersih darah, pengelat.

Tapak Liman ini dijadikan obat tradisional, dalam keadaan segar, kering, bahkan diekstraksi dan dimasukkan ke dalam kapsul. Jenis penyakit yang dapat diatasi dengan Tapak Liman antara lain berbagai radang, seperti peradangan amandel, influenza, radang tenggorok, radang mata, radang ginjal yang akut dan krinis, serta radang rahim atau keputihan. Untuk mengatasi berbagai radang ini, seluruh tanaman Tapak Liman yang sudah dikeringkan, dicampur air dan direbus. Airnya disaring dan diminum secara rutin tiap hari.

Sementara itu, untuk mengatasi perut kembung, hepatitis, beri-beri, disentri, gigitan ular, batuk seratus hari, kurang darah, dan lain-lain digunakan beberapa bagian atau seluruh tanaman.

Berikut ini uraikan aplikasi resep herbal Tapak Liman untuk pengobatan penyakit. Yaitu :

Hepatitis. Seluruh tanaman Tapak Liman direbus dengan daging. Lalu airnya diminum.

Beri-Beri. Seluruh tanaman Tapak Liman ditambah tahu dan air, lalu ditim serta dimakan.

Perut Kembung. Dapat diatasi dengan air rebusan batang Tapak Liman.

Kurang Darah (anemia). Siapkan satu genggam daun Tapak Liman dicuci hingga bersih. Tumbuk dan tambahkan air matang setengah cangkir. Kocok satu butir kuning telur dengan satu sendok makan madu. Lalu, campurkan kedua bahan tersebut. Minum ramuan satu kali sehari selama satu minggu.

Cacar Air. Siapkan Temulawak berukuran dua jempol tangan dikupas dan dipotong-potong. Satu jari Kencur dikerik, satu jari Jahe dan satu jari Kunyit dikupas dan dipotong-potong. Lalu siapkan dua pohon Tapak Liman seutuhnya dicuci dan potong-potong. Satu sendok teh Asam Kawak. Satu sendok makan gula merah disisir halus. Rebus semua bahan, kecuali gula merah, dengan empat gelas air di api kecil hingga air menyusut sampai setengahnya. Minum ramuan ditambah dengan gula merah, tiga kali sehari masing-masing setengah gelas.

Demam Akibat Kelelahan. Rebus satu genggam daun Tapak Liman, satu genggam Pegagan segar, dua jari Temulawak yang telah dikupas dan dipotong-potong, satu sendok teh Adas manis, dan satu jari Pulosari dengan empat gelas air hingga menjadi dua gelas. Minum ramuan setengah gelas, tiga kali sehari.

Demam Biasa. Cuci bersih satu lembar daun Pepaya muda, lima lembar daun Waru muda, setengah genggam daun Sembung kering, dua pohon Tapak Liman seutuhnya, tiga pohon kecil Meniran segar, satu genggam Pegagan segar, satu jari Pule, dan satu jari Kayu Manis. Rebus semua bahan dengan empat gelas air hingga tersisa setengahnya. Minum tiga kali sehari, masing-masing setengah gelas.

Keputihan. Satu pohon Tapak Liman segar seutuhnya dicuci bersih dan dipotong-potong. Ambil seperempat genggam Sambiloto, seperempat genggam Meniran, tiga lembar daun Sirih, satu jari Kunyit, dan satu jari Temu Kunci. Rebus semua bahan dengan empat gelas air sampai menyusut setengahnya. Minum tiga kali sehari dengan dosis setengah gelas.

Nyeri Haid. Siapkan satu pohon Tapak Liman seutuhnya dicuci bersih dan dipotong-potong. Potong-potong dua jari Temulawak, satu genggam daun Sambang Colok, satu sendok teh Asam Lama, satu jari Kunyit, dan sisir halus satu sendok makan Gula Merah. Rebus semua bahan dalam empat gelas air di api kecil hingga menjadi setengahnya. Minum tiga kali sehari sebanyak setengah gelas.

Memperbesar Payudara. Tumbuk hingga halus satu genggam daun Tapak Liman, satu genggam daun Ajeran, dan satu buah Pinang muda. Balurkan ramuan pada payudara, kecuali di bagian puting.

Informasi dan Cara Pemesanan Produk

Cara Pemesanan Produk:

  1. Anda dapat memesan Produk dengan memilih dan mengirimkan pesanan Anda melalui E-mail, Telpon, SMS, BBM, Whats App, dan atau via Yahoo! Messenger sesuai dengan syarat dan ketentuan.
  2. Format order via SMS / Whats App / BBM : Nama Lengkap / Detail Order / Alamat / Email / Telp / Bank.

Contact Us:

  • Telp:
    (Tsel) 0822 1042 2034
  • SMS:
    (Tsel) 0822 1042 2034
  • Whats App:
    0852 2800 1922
  • BBM:
    D05C5FDB
  • E-mail: centeral.health@yahoo.com

Biaya Pengiriman:

  1. Biaya pengiriman di tanggung oleh pembeli. Oleh karena itu, Anda dapat menentukan jasa pengiriman yang Anda inginkan.
  2. Untuk mengetahui jumlah biaya pengiriman, Anda dapat menghubungi kami. Atau Anda dapat menanyakannya langsung ke jasa pengiriman yang Anda inginkan.

Cara Pembayaran:

  1. Segera lakukan transfer untuk pembayaran harga dan biaya pengiriman melalui salah satu rekening bank kami yang tersedia di centeralhealth.com
  2. Setelah Anda melakukan transfer pembayaran harga dan biaya kirim, segera lakukan konfirmasi pembayaran sesegera mungkin kepada kami.

Pengiriman Produk:

  1. Kami akan melakukan pengiriman produk pesanan Anda, setelah Anda melakukan transfer pembayaran harga dan biaya kirim ke salah satu rekening bank kami.
  2. Order Anda kami kirim ke alamat yang Anda berikan selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah adanya konfirmasi pembayaran harga dan biaya pengiriman.

Pembatalan Pesanan:

Apabila dalam jangka waktu 2 (dua) hari kerja sejak tanggal order pembelian belum dilakukan pembayaran atau tidak terdapat konfirmasi pembayaran oleh Pembeli ke centeralhealth.com, order akan kami batalkan.

About Us

Centeralhealth.com adalah pusat belanja online yang aman dan terpercaya yang berbasis di Djogjakarta, Indonesia.

Kami hadir untuk memudahkan memperoleh kebutuhan belanja tanpa harus mengganggu waktu sibuk Anda. Bahkan, Anda dapat melakukan order kepada kami walau masih berada di ruang tidur sekalipun.

Kami menawarkan berbagai macam kebutuhan, mulai dari herbal, minyak astiri, hinga produk-produk kesehatan dan kecantikan yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Kami menyediakan produk berkualitas setiap harinya, promo potongan harga dan promo spesial lainnya untuk memuaskan kebutuhan belanja online Anda.

We Accep

bank mandiribank bcawestern union

Konfirmasi Pembayaran

Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi pembayaran setelah melakukan transfer pembayaran harga dan biaya pengiriman. Karena, kami tidak dapat mengirim order Anda tanpa adanya konfirmasi.

Order Anda kami kirim ke alamat yang Aanda berikan selambat-lambatnya 2 x 24 jam setelah adanya konfirmasi pembayaran harga dan biaya pengiriman. Cara Pemesanan ProdukPrivacy PolicyTerms Of ServicesContact Us